Interaksi User dan Komputer serta Kolaborasinya - Pertemuan 9

Interaksi User dan Komputer serta Kolaborasinya



Interaksi Manusia dan Komputer
Sebuah sistem komputasi terdiri atas perangkat keras dan perangkat lunak yang saling berinteraksi. Interaksi antarmuka seringkali digunakan untuk menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lainnya, mulai dari perangkat masukan dan keluaran yang dikendalikan oleh sistem operasi, dan kemudian dapat ditambahkan berbagai aplikasi yang dapat dipakai oleh pengguna. Berbagai macam jenis interaksi dapat dilakukan oleh pengguna dengan sistem komputer, di antaranya seperti berikut.  

1. Berbasis GUI (Graphical User Interface)

Merupakan antarmuka yang menggunakan menu grafis untuk memudahkan pengguna berinteraksi dengan komputer. GUI merupakan antarmuka pada sistem operasi komputer yang menggunakan menu grafis. Pengguna berinteraksi melalui ikon, menu, dialog dengan button dan text box, radio button (untuk satu pilihan), atau checkbox (untuk banyak Pilihan).Smartphone yang kita gunakan juga menggunakan antarmuka berbasis GUI dengan input touch screen (layat sentuh) sehingga memiliki cara pengoperasionalan dengan cara diketuk, dicubit, dsb.




2. Antarmuka Berbasis Perintah (Command Line Interface/CLI)

Sistem operasi berbasis CLI merupakan tipe antarmuka melalui text-terminal. Pengguna
menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan
baris-baris tertentu. Misalnya, dalam sistem operasi linux untuk melihat daftar file-file apa saja yang ada maka kita harus mengetik perintah “ls” (singkatan dari list) lalu menekan tombol enter. Kemudian sistem operasi akan merespon perintah tersebut dengan memperlihatkan list file apa saja yang ada pada direktori di mana kita sedang berada. contoh CMD (command prompt)



3. Melalui Suara (Audio)

Antarmuka menggunakan suara memungkinkan pengguna mengucapkan sesuatu dan hasilnya akan direkam, dalam bentuk format audio. Antarmuka ini hanya dimungkinkan jika perangkat keras menyediakan perekam suara dan melalui aplikasi.

4. Melalui Gambar (Video)

Antarmuka menggunakan gambar hanya dimungkinkan jika perangkat keras menyediakan kamera. Kamera akan merekam gambar dan melalui aplikasi akan menyimpan gambar dalam format video.

5. Melalui Berbagai Piranti Masukan Lainnya

Selain melalui perangkat lunak, pengguna dapat berinteraksi langsung ke komputer melalui piranti masukan, seperti yang dijelaskan sebelumnya (keyboard, joystick, mouse, touchpad, layar sentuh, keyboard virtual, dll)


Dalam sebuah komputer, komponen-komponennya saling berhubungan. Demikian juga antara satu komputer dan komputer lainnya akan berhubungan melalui jaringan, mulai dari jaringan lokal sampai jaringan global internet.

Berikut terdapat beberapa jenis kolaborasi dalam sistem komputer. 

1. Kolaborasi Software dengan Software Lainnya

ketika membeli laptop baru dan akan membuat laporan di dalamnya, perlu menginstal sistem operasi terlebih dulu, sebelum aplikasi pengolah kata. Hal ini menunjukkan bahwa kedua software di atas saling bekerja sama satu sama lainnya, sebuah software bergantung pada software lainnya

2. Kolaborasi Hardware dengan Sesama Hardware

Salah satu contoh dari interaksi hardware dengan sesama hardware ialah saat kita mencolokkan sebuah perangkat keras dengan perangkat keras lain. Misalnya, mencolokkan flashdisk atau mouse ke komputer. Saat kita mengambil foto menggunakan webcam yang ada pada komputer dan kemudian hasilnya akan dicetak menggunakan printer, apakah ini interaksi antarperangkat keras?

Pada kasus ini, webcam akan mengirimkan gambar ke komputer, dan gambar yang akan dicetak ke printer dibuka oleh aplikasi lain. Interaksi webcam dan memori komputer dilakukan melalui sistem operasi yang dijalankan pada komputer. Namun, interaksi antarperangkat keras ini tetap membutuhkan perangkat lunak sebagai perantara.

3. Interaksi Software dengan Hardware

Interaksi antarmuka hardware dan software terlihat sedikit lebih rumit karena software harus dirancang dan dibuat agar dapat mengenali atau dikenali oleh hardware. Contohnya, sebelum menggunakan printer, biasanya pengguna akan memasang sebuah program yang disebut driver agar komputer dapat untuk mengenali printer. 

Driver pada komputer adalah komponen system software yang berfungsi sebagai perangkat komunikasi antara sistem operasi dan hardware. Driver menggunakan kode biner untuk memerintah hardware melakukan perintah yang diberikan oleh sistem operasi dan mengambil data yang dikirimkan oleh hardware. 

Ketiga jenis kolaborasi di atas hanyalah contoh kecil dari berbagai kolaborasi tak terhingga lainnya pada sistem komputer. Sekedar mengingatkan kembali penjelasan di atas, kolaborasi ini tidak terbatas hanya pada komponen komputer dan komputer lain saja, namun pada brainware hingga alam sekitar. 

Bisa jadi kita mendapatkan interaksi serumit: komputer, manusia, internet, sensor, dan alam. Contohnya adalah robot penyiram tanaman yang mampu mendeteksi kapan tanaman butuh di siram serta dapat dikendalikan kapan saja di mana saja asalkan kita memilki koneksi internet.


Referensi

InteraksiKomputer

ModulAjarInformatika

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Privasi dan Keamanan Data & Perangkat Pengumpulan serta Pengolahan Data

Pembelajaran Excel: Pengantar dan Fungsi Dasar Pertemuan 4

Komunikasi Jaringan Komputer