Komputer dan Komponen Penyusunnya - Pertemuan 7

 Komputer dan komponen penyusunnya



A. Mengenal Komponen - Komponen Komputer

Secara fisik, perangkat komputer umumnya terdiri dari CPU, monitor (output), keyboard dan mouse (input). Perangkat-perangkat tersebut merupakan perangkat dasar. Adapun perangkat tambahan dapat berupa printer, scanner, modem dan lain sebagainya. 

Komputer merupakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Komputer tidak hanya berperan dalam bidang pengetikan atau penghitungan, namun telah merambah ke berbagai bidang lainnya, termasuk bidang komunikasi. 

Bidang pendidikan, ekonomi dan bisnis, militer, seni, hiburan, jaringan telekomunikasi dan lain-lain telah memanfaatkan kemampuan komputer untuk membantu memecahkan masalah. Dalam bidang pendidikan, komputer dapat dimanfaatkan sebagai media penunjang pembelajaran, alat analisis, dan hal-hal yang terkait dengan kegiatan akademik. Pemanfaatan komputer dalam bidang ekonomi dan bisnis dapat kita lihat melalui berbagai sektor usaha yang sekarang hampir seluruhnya terkomputerisasi.

Bagian paling penting pada sistem komputer adalah CPU (Central Processing Unit). Bagian ini biasanya berupa kotak yang bagian depan dan bagian belakangnya perlu kita kenali dengan baik. Bagian depan kotak CPU digunakan untuk menempatkan tombol power, tombol reset, dan tempat pembaca CD/DVD atau disket. Bagian belakang kotak CPU digunakan untuk menempatkan berbagai jenis port dan colokan yang menghubungkan komputer dengan berbagai macam periferal. Port dan colokan yang terletak di bagian belakang CPU terdiri dari:

a) Colokan power supply



Digunakan untuk mengalirkan arus listrik ke dalam CPU. Secara fisik power supply untuk komputer berbentuk kotak yang dilengkapi dengan fan (kipas pendingin). Pada bagian tertentu terdapat kabel-kabel untuk mengalirkan listrik dari power supply ke komponen-komponen di dalam kotak CPU seperti mainboard, hard disk, dan lain-lain.

b) Port PS/2 (Personal System/2)



Yaitu port untuk menghubungkan mouse dan keyboard. Pada komputer-komputer seri terbaru, port PS/2 sudah mulai diganti dengan port USB. Port warna hijau (atas) digunakan untuk mouse dan warna ungu(bawah) untuk keyboard

c) Port USB (Universal Serial Bus)



Yaitu port universal yang dapat menghubungkan berbagai peralatan ke komputer. Perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer melalui port USB antara lain mouse, keyboard, printer, flashdisk, handphone, PDA, scanner, dan modem.

d) Port jaringan



Yaitu port yang berfungsi menghubungkan komputer ke jaringan komputer. Ada dua jenis port jaringan yang biasanya terpasang pada komputer, yakni port jaringan RJ-45 dan port modem RJ-11.

e) Port serial


Yaitu port yang terdiri dari 9 pin dan biasanya digunakan untuk menghubungkan modem eksternal yang sama-sama menggunakan port serial.

F) Port paralel



Yaitu port yang terdiri dari 25 pin yang dapat digunakan untuk menghubungkan printer, joystick, scanner dan peralatan lain.

g) Port audio



Yaitu port untuk menghubungkan microphone, speaker, dan peralatan audio lainnya.

Pada sisi bagian depan kotak CPU terdapat tombol power, tombol reset dan media drive seperti pembaca disket dan pembaca CD/DVD ROM. Gambar dibawah ini memperlihatkan sisi depan kotak CPU yang terbuka. Adapun bagian-bagiannya adalah



  • tombol power untuk mengaktifkan komputer 
  • tombol reset untuk me-restart atau menyalakan ulang komputer 
  • drive CD-ROM untuk membaca CD 
  • drive DVD-ROM untuk membaca DVD

PENGENALAN SISTEM OPERASI

Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat
keras, program aplikasi, sistem operasi, dan para pengguna. Sistem operasi berfungsi untuk
mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta
para pengguna.

Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat
kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik
yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber daya yang sama, sistem operasi
mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber daya.

Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi
adalah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error)
dari penggunaan komputer yang tidak perlu.

Sejarah Sistem Operasi

Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang dapat dibagi ke dalam empat generasi:



I. Generasi Pertama (1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

II. Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.

III. Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, di mana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (digunakan banyak pengguna sekaligus) dan multiprogramming (melayani banyak program sekaligus).

IV. Generasi Keempat (Pasca 1980an)
Di generasi keempat, sistem operasi sudah dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. 

Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface(GUI) yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik tetapi dipecah di banyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.


Layanan Sistem Operasi

Sebuah sistem operasi yang baik menurut Tanenbaum, harus memiliki layanan sebagai seperti:
  1. Pembuatan program yaitu sistem operasi menyediakan fasilitas dan layanan untuk membantu para pemrogram untuk menulis program.
  2. Eksekusi Program yang berarti Instruksi-instruksi dan data-data harus dimuat ke memori utama, perangkat - perangkat masukan/keluaran dan berkas harus diinisialisasi, serta sumber-daya yang ada harus disiapkan, semua itu harus ditangani oleh sistem operasi
  3. Pengaksesan I/O Device, artinya Sistem Operasi harus mengambil alih sejumlah instruksi yang rumit dan sinyal kendali agar program dapat berpikir sederhana dan perangkat pun dapat beroperasi.
  4. Pengaksesan terkendali terhadap berkas, yang artinya disediakannya mekanisme proteksi terhadap berkas untuk mengendalikan pengaksesan terhadap berkas.
  5. Pengaksesan sistem, artinya pada pengaksesan digunakan bersama (shared system).
  6. Fungsi pengaksesan, yaitu menyediakan proteksi terhadap sejumlah sumber-daya dan data dari pemakai serta menyelesaikan konflik-konflik dalam perebutan sumberdaya.
  7. Deteksi dan pemberian tanggapan pada kesalahan, yaitu jika muncul permasalahan muncul pada sistem komputer maka sistem operasi harus memberikan tanggapan yang menjelaskan kesalahan yang terjadi serta dampaknya terhadap aplikasi yang sedang berjalan.
  8. Akunting, yang artinya sistem operasi harus bisa mengumpulkan data statistik penggunaan beragam sumber-daya dan memonitor parameter kinerjanya

Komponen komputer terbagi juga menjadi dua, yakni perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Perangkat Keras (Hardware)

Macam-macam komponen komputer yang pertama adalah perangkat keras (hardware), yakni bagian komputer yang bentuk fisiknya dapat dilihat secara langsung serta mampu disentuh. Fungsi dari hardware adalah bisa menjadi output maupun input, tergantung dari data apa yang kamu proses saat menggunakan komputer. Berikut pembahasan dari masing-masing jenis hardware yang biasanya sering kamu temukan pada komputer.

1. Input Device (Unit Masukan) 

Sama seperti namanya, input device memiliki arti bahwa komponen komputer ini berfungsi untuk memasukan data dari luar ke dalam sistem. Baik menggunakan Personal Computer maupun laptop, tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan saat mengakses komputer.

a. Keyboard
Contoh komponen komputer berjenis input device pertama adalah keyboard. Berfungsi untuk memasukan angka, huruf, dan simbol, keyboard mempunyai peranan penting dalam pekerjaan sehari-hari, seperti menulis email, membuat dokumen hingga menciptakan konten-konten yang membutuhkan media tulisan sebagai penyampaian informasi.

b. Mouse
Karena bentuk dan ukurannya menyerupai tikus, maka komponen komputer untuk mengarahkan kursor komputer yang satu ini diberi nama mouse.

Dalam perangkat mouse terdiri dari tiga bagian, yakni tombol kiri (untuk memilih OK), tombol kanan (untuk menampilkan beberapa menu tambahan, seperti pop up menu), dan tombol tengah (untuk membuka dan menutup jendela tab).

c. Microphone dan Headphone
Macam-macam komponen komputer lainnya adalah microphone dan headphone. Fungsi dari microphone adalah untuk berbicara dengan orang lain atau memasukan suara ke perangkat komputer. Sedangkan headphone merupakan komponen komputer yang berfungsi mendengarkan suara dan sudah diproses melalui sistem komputer.

d. Touchpad
Kamu pastinya sudah nggak asing lagi dengan perangkat laptop kan, Sebagai pengganti mouse, maka setiap laptop disediakan bantalan kursor yang disebut dengan touchpad. Fungsinya persis seperti mouse pada umumnya, bedanya hanya pada bentuknya yang pipih dan berbentuk persegi panjang serta sudah terpasang di badan laptop.

e. Joystick
Tuas kendali (joystick) biasanya digunakan sebagai konsol untuk memainkan game di komputer.

f. Light Pen
Bagi seorang graphic designer, light pen menjadi alat wajib untuk menuangkan ide mereka ke dalam gambar ke perangkat komputer. Nggak hanya itu, adanya light pen juga memudahkan kamu untuk menulis atau sekedar corat-coret di perangkat layar berjenis touch screen.

2. Output Device (Unit Keluaran)
Komponen komputer selanjutnya adalah unit keluaran (output device) yang akan menampilkan data di dalam komputer setelah kamu memprosesnya melalui input device.

a. Monitor
Monitor merupakan layar komputer yang berfungsi menampilkan seluruh pemrosesan data, mulai dari teks, gambar, audio hingga video pada monitor komputer kamu.

b. Printer
Komponen komputer yang satu ini berfungsi untuk melakukan pencetakan, seperti tulisan, grafik, hingga foto, tergantung dari proses printing apa yang mau kamu olah ke dalam bentuk fisik.

c. Speaker
Fungsinya hampir menyerupai headphone, bedanya speaker menghasilkan suara yang lebih besar dan biasanya terdapat lubang-lubang kecil untuk menyalurkan suara tersebut secara meluas.

d. Scanner


Merupakan alat yang di gunakan untuk proses pemindaian data fisik ke digital, contohnya seperti KTP yang ingin di proses ke dalam sistem komputer.

3. Process Device (Unit Pemrosesan)

Peran output dan input device nggak akan berfungsi tanpa adanya process device. Terdiri dari 4 komponen utama, yaitu:

a. Power Supply
Berfungsi mengalirkan listrik ke dalam komponen-komponen komputer. Power supply memastikan jika masing-masing komponen mendapatkan daya arus listrik sesuai kebutuhan.

b. RAM


Random Access Memory (RAM) merupakan memori internal yang berfungsi menyimpan data di komputer kamu.

c. Processor


Merupakan pusat pada perangkat komputer dalam menerima, mengelola, dan menjalankan tugas ketika kamu sedang menggunakan komputer dalam pemenuhan aktivitas pekerjaan.

d. Motherboard


Motherboard mempunyai peranan penting sebagai computer base untuk menghubungkan fungsi antar perangkat komputer supaya bisa terkoneksi dengan baik.

4. Peripheral (Unit Tambahan)

Penggunaan unit tambahan berfungsi untuk memaksimalkan fungsi dari komputer yang sedang kamu gunakan.

a. Modem


Meskipun saat ini sudah banyak yang beralih ke koneksi internet nirkabel (Wi-Fi), akan tetapi modem masih digunakan untuk memudahkan kamu mengakses internet. Modem pun biasanya mempunyai ragam bentuk, seperti modem kabel, dial-up, DSL, hingga GSM.

b. Flash Disk


Merupakan tempat penyimpanan kecil (portable) yang biasanya berbentuk persegi panjang dan berfungsi untuk menampung data esensial.

5. Storage Device (Unit Penyimpanan)

Setelah semua data yang kamu olah selesai di proses, saatnya melalui proses penyimpanan di storage device.

a. Perangkat Lunak (Software)
Proses pengolahan data akan tersimpan dalam perangkat lunak (software) dan proses penyimpananya secara digital.

b. Perangkat Lunak Sistem (Sistem Operasi Komputer)


Berfungsi untuk menerjemahkan berbagai macam fungsi dan instruksi yang di berikan saat menggunakan komputer. 

c. Microsoft Office (Perangkat Lunak Perkantoran)
Terdiri dari berbagai macam jenis, seperti Word, Excel, dan PowerPoint. Microsoft Office di gunakan sebagai software pendukung dalam menunjang pekerjaan kantor.

d. Web Browser ( Perangkat Lunak Browser Internet)
Web browser menjadi portal untuk mengakses internet. Biasanya secara otomatis history dari kunjungan web yang kamu lakukan akan tersimpan.

e. Perangkat Lunak Pengolah Gambar
Sesuai namanya, perangkat lunak pengolah gambar di gunakan untuk mengolah gambar seperti perangkat lunak Adobe Photoshop, Sketch, Adobe InDesign hingga Adobe Illustrator.

f. Perangkat Lunak Pemutar Video
Contoh perangkat lunak pemutar video antara lain GOM Player, KMPlayer, Quicktime Player, DivX Player, dan PotPlayer.

g. Perangkat Lunak Pemutar Audio
Perangkat lunak pemutar audio misalnya MediaMonkey, Foobar 2000, Winamp, dan MusicBee.

h. Perangkat Lunak Perekaman Audio
Untuk merekam suara atau audio, misalnya Audacity, Muse, Reaper, Sonar, dan MixCraft.

i. Perangkat Lunak Antivirus
Berfungsi untuk memindai, mencegah, dan menghapus virus yang bisa saja merusak sistem komputer. Jenis perangkat lunak antivirus yang populer di gunakan seperti Malwarebytes, Microsoft Defender, dan Norton LifeLock.

j. Perangkat Lunak Maintenance
Software yang berfungsi melakukan perawatan pada sistem sebelum dan sesudah di gunakan.

k. Perangkat Lunak Device Driver
Pemacu perangkat (device driver) merupakan perangkat lunak untuk melakukan penerjemahan data, jembatan, dan pengontrol input antara hardware dan software beserta hardware.

l. Perangkat Otak (Brainware)
Brainware adalah pihak yang mengoperasikan komputer.
 

Komponen komputer adalah seperti hardware, software, dan brainware merupakan satu kesatuan yang mana jika salah satunya tidak berfungsi akan mempengaruhi kinerja komputer.

Apa Perbedaan MacOS & Windows?




Referensi




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Privasi dan Keamanan Data & Perangkat Pengumpulan serta Pengolahan Data

Pembelajaran Excel: Pengantar dan Fungsi Dasar Pertemuan 4

Komunikasi Jaringan Komputer